February 01, 2015

belum niat ngeblog -- copas2

INI SEBAB SAKIT SAAT MENYUSUI
Dear Ayah Bunda,
Menyusui anak menjadi dambaan semua ibu di dunia. Namun, menyusui anak bisa berubah menjadi hal yang merepotkan. Itu akan terjadi jika ibu merasa kesakitan ketika memberikan ASI pada sang anak. Berikut beberapa penyebab sakit saat menyusui.
1. Ankyloglossia
Ankyloglossia adalah kondisi yang membatasi pergerakan lidah. Kita semua dilahirkan dengan frenulum, membran yang melekat bagian bawah lidah ke lantai mulut. Pada beberapa bayi, frenulum terlalu ketat atau terlalu pendek.
"Jika bagian dari membran ditempatkan pada tempat yang tidak biasa di lidah bayi, mungkin membatasi gerakan lidah," kata konsultan laktasi internasional, Irene Zoppi, seperti dilansir laman Fox News. Studi menunjukkan bahwa Ankyloglossia memengaruhi hingga sepuluh persen bayi dan juga bisa turun-temurun.
Ada dua jenis Ankyloglossia dan berbagai tingkat keparahan. Sebuah anterior Ankyloglossia sangat mudah untuk dilihat dan ditandai oleh frenulum yang melekat pada bagian depan lidah. Untuk beberapa bayi, mereka mungkin tidak dapat menempel pada ujung lidah mereka di luar bibir bawah. Atau ketika mereka menangis lidah akan terlihat berbentuk hati karena begitu terbatas.
Sebuah posterior Ankyloglossia terjadi ketika frenulum terpasang hanya untuk dasar lidah. Praktisi dapat melihatnya dengan mencermati pergerakan lidah.
2. Pasokan susu rendah dan nyeri
" Ketika Anda memiliki bayi namun Anda kesulitan menyusui maka penyebab utamanya adalah anatomi," kata Dr Julie L. Wei, seorang otolaryngologist anak di Rumah Sakit Anak Nemours di Orlando, Florida.
Hal ini karena cara lidah bayi bergerak saat dia menyusui jauh berbeda dibandingkan saat dia minum dari botol. " Lidah bayi yang melakukan sebagian besar pekerjaan memegang puting dan payudara," kata Zoppi.
Jika bayi tidak dapat menempel atau mempertahankan kaitannya mereka pada payudara sang ibu, maka mereka tidak akan mampu menyedot efektif dan menguras ASI. Dia juga bisa muntah atau menarik payudara terlalu sering.
Dia bahkan mungkin mencoba untuk mengkompensasi dengan mengisap sangat cepat tapi masih tidak akan bisa mendapatkan cukup ASI. "Alih-alih menangkap payudara dan puting, bayi bisa menggunakan gerakan mengunyah," kata Zoppi.
3. Keterlambatan bicara dan kebersihan mulut
Ankyloglossia juga dapat menyebabkan keterlambatan bicara. Wei melihat beberapa anak-anak setiap minggu yang memiliki keterlambatan bicara, yaitu masalah dengan artikulasi dan pengucapan. Ankyloglossia juga dapat memengaruhi kesehatan mulut. Pasalnya, hal itu menyebabkan kesulitan membersihkan makanan dari mulut.
4. Pilihan pengobatan
Karena penelitian menunjukkan bahwa tidak semua bayi yang didiagnosis dengan Ankyloglossia maka penting untuk melihat apa yang terjadi dengan kedua bayi dan ibu pada saat yang sama. Bayi yang menderita Ankyloglossia akan segera memerlukan pengobatan.
5. Apa yang harus Anda ketahui
Jika Anda mengalami masalah menyusui atau khawatir tentang berat badan bayi Anda, lebih baik Anda segera berbicara dengan dokter anak, OB / GYN atau bidan atau konsultan laktasi.
Semoga bermanfaat. smile emoticon
[adv]: **** VITABUMIN NUTRISI TUMBUH KEMBANG ANAK, PENAMBAH NAFSU MAKAN DAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK, REKOMENDASI DOKTER ANAK DAN HERBALIS****

20 Efek Sampingan Kehamilan yang Tidak Disadari Suami

Ada banyak hal yang diderita seorang istri semasa hamil yang mungkin tidak disadari suaminya.
Selamat! Baik Anda sedang menantikan kelahiran bayi Anda maupun sedang merencanakan kehamilan, saat ini patut dirayakan. Dengan pengalaman ini, banyak pertanyaan muncul. Bagaimana rasanya? Banyak hal yang dialami wanita hamil yang tidak bisa dirasakan oleh orang lain. Di bawah ini tertera kenyataan yang sejujurnya. Beberapa efek sampingan dari kehamilan, sebagian sudah banyak diketahui orang, sebagian lagi mungkin mengejutkan Anda.
  • Mual di pagi hari. Istilah ini meremehkan, tidak sebanding dengan rasa sakit yang lebih parah dari flu dan berlangsung selama 12 minggu, bahkan mungkin 40 minggu!
  • Keinginan makan yang aneh-aneh. Tiba-tiba saja istri Anda ingin makan sate kambing di tengah malam buta, padahal biasanya paling tidak suka. Anda setengah mati keliling kota mencari tukang sate, sesampai di rumah cuma dimakan sepotong.
  • Suami Anda mungkin senang karena payudara Anda membesar, sampai akhirnya mereka sadar bahwa mereka dilarang menyentuh karena bengkak berarti sakit.
  • Janin yang kecil yang semula cuma sebesar kepalan tangan anda sekarang berkembang pesat dan menyerap semua tenaga Anda sampai anda merasa amat sangat lesu.
  • Berat yang bertambah adalah lumrah, tapi bukan 25 atau 50 kg seperti yang dialami beberapa wanita. Kalau Anda salah satu wanita yang beruntung cuma bertambah berat 3 atau 5 kg dan tidak tampak hamil, bersyukurlah. Anda boleh makan di KFC sepuasnya dan minum milkshake. Sebetulnya, tidak peduli berapa kg berat Anda bertambah, Anda boleh minum milkshake karena Anda sedang hamil.
  • Kehamilan menambah nafsu makan. Maklum Anda makan untuk berdua. Bila sedang hamil tua Anda tak akan bisa makan banyak, namun akan makan lebih sering.
  • Jika Anda pernah menjalani papsmears untuk memeriksa kesehatan rahim Anda, mungkin anda merasa terganggu dengan cara pemeriksaannya. Sesudah melahirkan Anda sadar bahwa semua itu tidak ada artinya dibanding rasa sakit pada saat melahirkan.
  • Sulit menahan kencing. Anda takut batuk, berbangkis, tertawa, lari, lompat, atau apapun yang akan tambah menekan kandung kemih Anda. Ini tidak akan berhenti bahkan sesudah bayi lahir. Anda kadang harus terbiasa menahan kencing atau melakukan latihan Kegel untuk memperkuat otot kandung kemih anda.
  • Belang-belang akan menghiasi bukan saja perut Anda tapi juga paha, betis, lengan dan payudara. Semoga Anda tidak merasa berubah menjadi harimau.
  • Keluarga, teman, kenalan, bahkan orang asing senang berbicara kepada wanita hamil. Di toko, di tempat senam, di gereja, di mana saja orang akan menanyakan hal-hal tentang kehamilan anda, kapan melahirkan, sudah punya nama atau belum, jenis kelamin bayi dan sebagainya.
  • Orang-orang yang bermaksud baik akan memberikan beragam nasihat. Simpan yang baik, lupakan yang tidak Anda sukai. Ucapkan "Terima kasih, akan saya perhatikan" dan tidak usah menanggapi banyak-banyak.
  • Bayi suka menendang - dengan keras. Anda mungkin berpikir ada calon super ninja atau Pele kecil sedang main bola dalam perut Anda. Akan ada tonjolan yang berpindah-pindah di perut Anda seakan-akan mau meletus seperti di film Alien.
  • Emosi Anda naik turun karena perubahan hormon. Anda senang. Anda sedih. Anda menitikkan air mata waktu nonton iklan yang konyol. Hal-hal atau komentar kecil membuat Anda marah sekali.
  • Mimpi yang aneh-aneh suka muncul waktu hamil. Mungkin Anda ingin mencatatnya dan siapa tahu Anda berhasil menerbitkan buku mengenai mimpi-mimpi ini yang akan sangat populer di kalangan wanita.
  • Kurang tidur boleh disebut bawaan bayi. Anda boleh mengenang saat Anda sekolah atau kuliah di mana anda kurang tidur karena pilihan sendiri.
  • Anda mungkin memperoleh kembali oto kawat tulang besi Anda tapi semua itu sulit dilihat di bawah kulit yang mulai mengendur.
  • Baik menyusui atau tidak, payudara Anda akan membesar dan menghasilkan air susu. Payudara akan terasa kencang dan nyeri. Kadang air susu mengalir atau menyembur sendiri yang tentu saja akan merepotkan anda.
  • Anda akan merasa serba salah, Anda tak tahu apakah mesti berdiri, duduk, atau tiduran, semuanya nyeri dari pinggang ke bawah.
  • Karena urat darah Anda membengkak Anda merasa tambah seperti balon dan di malam hari mendengkur keras. Belilah sepasang penyumbat telinga bagi pasangan Anda.
  • Bagian bawah perut Anda akan merasa nyeri sesudah melahirkan. Jangan heran, Anda baru saja memaksa semangka keluar dari lubang sebesar jeruk nipis. Bila nantinya Anda dapat berjalan normal kembali dan keluar dari kamar mandi dengan perasaan nyaman, saat itu patut dirayakan.
Tentu saja masih banyak lagi efek samping dari kehamilan - rambut rontok, ambeien, ngidam, dan banyak lagi yang mungkin Anda alami. Semua itu terasa lucu sesudah Anda menjadi ibu karena semua sudah berlalu. Tapi bila Anda belum mengalaminya semoga Anda nantinya dapat tertawa tanpa terkencing-kencing.
Dialog Antara Syeikh dan Guru tentang Rokok
Yuk simak dialognya...
GURU : “Syeikh, menurut saya rokok itu tidak haram.”
Syeikh : “Kenapa?”
Guru : “Tak ada dalilnya. Saya ingin tahu, satu ayat saja yang menyebutkan ‘diharamkan atas kalian rokok’.”
Syeikh : “Apakah Anda makan jeruk, apel, maupun pisang?”
Guru : “Iya.”
Syeikh : Apakah” ada ayat yang menyebutkan bahwa jeruk, apel maupun pisang itu halal?”
Guru : “Tidak ada.”
Syeikh : “Bagaimana tidak ada, bagaimana Al Qur’an tidak menyebutkan mana yang halal dan mana yang haram, padahal Qur’an itu pedoman umat. Coba perhatikan firman Allah Ta’ala dalam surat al-A’raf : (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan MENGHALALKAN bagi mereka segala yang BAIK dan MENGHARAMKAN bagi mereka segala yang BURUK..(QS al A’raf 157).”
“Maka segala yang baik semisal daging, jeruk, apel, susu dan lain lain itu termasuk yang baik-baik sehingga termasuk yang dihalalkan. Adapun yang buruk-buruk, maka Allah mengharamkannya.”
Guru : “Menurut kami, rokok itu termasuk thayyibaat (yang baik-baik), meskipun menurut Anda tidak baik.”
Syeikh : “Anda punya istri?”
Guru : “Ya…”
Syeikh : “Anda punya anak?”
Guru : “Ya …”
Syeikh : “Jika kaulihat anakmu mengunyah permen, apakah kamu ridha?”
Guru : “Ya, tidak masalah…”
Syeikh : “Kalau kaulihat anakmu sedang menghisap rokok, apakah kamu ridha?”
Guru : “Tidak…”
Syeikh : “Kenapa?”
Guru : “Karena itu tidak baik (yakni termasuk sesuatu yang buruk).”
Syeikh : “Jika itu sesuatu buruk, bukankah masuk yang haram? Bagaimana pula jika yang merokok itu istrimu?”
Tiba-tiba sang guru mengeluarkan bungkusan rokok dari sakunya, ia meremas dengan tangannya lalu menginjak dengan kakinya, lalu ia berkata, “Mulai sekarang wahai Syeikh, saya bertaubat kepada Allah dari rokok.”
SUBHANALLAH
"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)." (QS Al-Baqarah : 269)
Jangan abaikan postingan ini, silahkan SHARE untuk mengingatkan saudara kita yang belum tau
Like Fanspage Admin >> Muhammad Areev
newmom itu suatu status yg harus dipahami, dicoba, dinikmati, dan wajib dengan bantuan suami, krn capek nya pasti....

Tips Hadapi Depresi Pasca Persalinan

Depresi pasca persalinan bukanlah suatu hal yang baru bagi newmom. Penelitian banyak menyebutkan, 1 dari 7 ibu baru mengalaminya. Selain obat penenang, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat membantu mengelola stres dan membuat Anda merasa lebih baik dari hari ke hari. Berikut langkah-langkah yang bisa membantu mengatasi depresi pasca persalinan Anda.

1. Sharing dengan Teman & Keluarga
Anda butuh dukungan dan pengertian dari orang-orang di sekitar Anda. Jika depresi pasca persalinan bisa diatasi melalui sharing dan dukungan orang tersayang, sehingga Anda akan merasa lebih baik. Sharing dengan mereka juga membuat perasaan negatif Anda berkurang, sehingga kadar stres pun menurun.

2. Istirahat yang Cukup
Sejak bayi lahir, porsi tidur yang cukup memang akan lebih sulit Anda dapatkan. Dr. Liz McDonald dari Psikiater Royal College di Inggris menyarankan, tidurlah saat bayi Anda tertidur. Pola tidur bayi memang belum teratur. Maka, Anda harus pintar memanfaatkan waktu tidur bayi untuk beristirahat. Bila perlu, minta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda agar bisa beristirahat.

3. Perhatikan Pola Makan
Pola makan teratur sangat penting, terutama bagi Anda yang menyusui untuk menjaga tingkat energi. Pola makan yang teratur juga erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi, termasuk memperbanyak buah dan sayuran. Cokelat juga dapat membuat mood Anda lebih baik, asal tidak berlebihan.

4. Bergerak!
Tidak harus melakukan olahraga berat, tetapi dengan berjalan biasa atau berenang saja telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati dan motivasi yang positif dalam diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa latihan fisik sederhana di rumah.

5. Santai
Luangkan waktu untuk bersantai sambil melakukan sesuatu yang Anda nikmati, seperti mendengarkan musik, membaca majalah atau buku, dan memasak. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks.

6. Bersosialisasi
Memiliki bayi memang bisa mengubah diri Anda dari sebelumnya, terutama dalam hal kehidupan sosial. Coba luangkan waktu untuk bertemu teman-teman dan kerabat Anda yang jarang temui untuk mengurangi kejenuhan. Selain itu, habiskan sedikit waktu berkualitas dengan suami untuk kencan berdua agar hubungan Anda semakin hangat.

7. Temui Ibu Baru
Sesekali, pergi keluar rumah dan berinteraksi dengan ibu lain juga membantu Anda mengurangi stres pasca persalinan. Menurut Dr. Liz, ibu baru biasanya akan merasa sangat terisolasi. Maka, disarankan untuk ibu menyempatkan diri bergabung dengan sesama ibu lainnya melalui beberapa kegiatan, seperti pijat bayi atau arisan. Dengan begitu, Anda pun bisa saling berbagi mengenai keluhan atau kesulitan yang dirasakan. Anda akan lebih nyaman berbagi dengan sesama ibu baru karena perasaan nasib yang sama.

8. Terima Bantuan
Jangan beranggapan bahwa diri Anda mampu mengatasi semuanya sendiri. Jangan sungkan untuk menerima bantuan dari orang-orang di sekitar Anda. Memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda sendiri hanya menambah tekanan dan tingkat stres. Belajar mencintai diri Anda sendiri ya,Moms. (Aulia/DT/dok.M&B)

penting ini, kata suamiku anak harus tau byk lingkungan, biar g picik, pdhl aku y wkt kecil g pnh kemana mana

Tip Mengajak Anak ke Luar Negeri

Ingin mengajak balita Anda ke luar negeri? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan perjalanan ke luar negeri bersama Si Kecil.

1. Paspor
Siapa bilang anak di bawah 3 tahun tidak perlu paspor untuk melakukan perjalanan ke luar negeri? Bayi baru lahir pun perlu dokumen khusus untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Setiap anak perlu paspor yang dilengkapi dengan foto untuk setiap perjalanan ke luar negeri. Anda dapat membuat paspor mereka melekat atau secara terpisah dengan paspor Anda. Biaya pembuatan paspor secara terpisah tentu lebih mahal. Jika paspor anak melekat pada paspor Anda, ia harus selalu melakukan perjalanan bersama Anda dan tak dapat ikut berlibur ke luar negeri tanpa Anda.
2. Tiket Penerbangan
Setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda, tetapi hampir tidak ada yang gratis untuk bayi atau balita. Untuk anak usia di bawah 2 tahun, umumnya dikenakan biaya minimal 10 persen dari harga tiket orang dewasa. Namun, anak Anda mungkin tidak mendapat tempat duduk, dan Anda harus memangkunya selama penerbangan. Umumnya pada musim liburan, harga tiket anak-anak sama dengan tiket orang dewasa. Jika ada fasilitas keranjang bayi, Anda dapat menggunakannya bila mendapat tempat duduk paling depan. (Aulia/dok.M&B)

Trik Membersihkan Kerak di Kulit Kepala Bayi

Sebagian besar new mom masih merasa takut saat membersihkan kulit kepala bayi. Padahal, di kulit kepala bayi terdapat sisa lapisan (venix) yang belum bersih atau biasa disebut cradle cap. Jika tidak segera dibersihkan, lapisan putih ini akan menempel dan mengendap, sehingga akhirnya mengeras dan menjadi kerak. Selain itu, sisa sampo yang kurang bersih juga dapat menimbulkan kerak.

Kulit kepala bayi juga memiliki kelenjar lemak yang dapat mengeluarkan minyak. Bila jarang dibersihkan, kotoran akan dengan mudah menempel di sana. Dalam waktu lama, kotoran ini akan menjadi kerak.

Untuk membersihkan kerak di kulit kepala bayi, Anda perlu berhati-hati agar Si Kecil tetap merasa nyaman. Berikut langkah-langkah dan tip untuk Anda diambil dari situs IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).
1.Tuangkan baby oil secukupnya di telapak tangan Anda, lalu oleskan di kulit kepala Si Kecil sambil dipijat perlahan. Diamkan selama kira-kira 12  jam agar kerak di kulit kepala bayi melunak dan mudah dibersihkan.
2.Sisir perlahan rambut bayi dengan sisir tumpul, sambil mengangkat kerak yang sudah melunak.
3.Gunakan sisir dengan gigi rapat, untuk memudahkan Anda mengelupaskan kerak dari kulit kepala Si Kecil.
4.Keesokan harinya, bersihkan kepala bayi dengan air dan sampo secukupnya. Gosok-gosok rambut dan pijat kulit kepalanya dengan perlahan, untuk membantu mengangkat habis sisa kerak yang sudah terkelupas sebelumnya. Bilas sisa sampo hingga benar-benar bersih untuk mencegah timbulnya kerak baru.
5.Jangan memaksa melepaskan kerak saat kering, karena dapat melukai kulit kepala Si Kecil.(Aulia/OCH/doc.M&B)
SAPIH
Menjelang usia 1 tahun, bukanlah masa yang mudah untuk menyapih ‪#‎balita‬. Di masa-masa ini, ia akan diarahkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan padat ketimbang ‪#‎ASI‬. Untuk membantu proses menyapih Si Kecil, Anda bisa mengikuti beberapa ‪#‎tips‬ M&B berikut.
1. Biarkan Si Kecil benar-benar menyelesaikan kegiatan menyusunya, kemudian tawarkan ia seporsi kecil makanan padat. Pada tahap ini, ia sedang beradaptasi dengan rasa dan tekstur makanan. Namun, sebagian besar asupan makanannya masih didapat dari ASI.
2. Setelah Si Kecil mulai makan dengan baik, Anda dapat memberinya lebih dari 1 jenis makanan padat. Pada beberapa waktu, coba tawarkan makanan terlebih dahulu sebelum Anda menyusuinya. Secara perlahan, jadikan hal itu sebagai kebiasaan.
3. Pada tahap ini, Si Kecil akan mulai terbiasa dengan tekstur makanan lembut, dan mulai meninggalkan aktivitas menyusunya.
4. Jika Si Kecil belum menunjukkan tanda kesediaannya untuk berhenti menyusu, bersabarlah dan nikmati saja masa ini. Dalam proses mengganti ASI, memang perlu dilakukan secara bertahap ya, Moms.

Kesalahan Pengucapan Nama Makanan Asing

APAKAH Anda pernah memesan makanan di restoran dengan menunjuk nama menu dalam buku? Alasannya karena Anda tidak tahu bagaimana mengucapkan nama makanan itu.
Nama makanan dalam bahasa asing seringkali membingungkan dalam pengucapannya. Alhasil, yang keluar dari mulut tidak sesuai atau jauh dari cara pengejaannya yang benar.
Seperti dilansir Indiatimes, berikut 10 makanan yang sering kali orang salah dalam pengejaannya.
Bruschetta
Yang sering terlontar: broo-sch-etta
Pengejaan yang seharusnya: broo-sket-tuh
Ferrero Rocher
Yang sering terlontar: ferrero-ro-shar
Pengejaan yang seharusnya : furrero-ro-shey
Chardonnay
Yang sering terlontar: char-doh-ney
Pengejaan yang benar:shar-doh-nay
Espresso
Yang sering terlontar: X-presso
Pengejaan yang benar: ess-press-oh
Jalapenos
Yang sering terlontar:ja-la-penos
pengejaan yang benar: hala-pey-nyos
Fajita
Yang sering terlontar: fuh-jee-taah
Pengejaan yang benar: fuh-hee-tuh
Quinoa
Yang sering terlontar: queen-noah
Pengejaan yang benar: keen-wah
Fondant
Yang sering terlontar: fon-daa-aant
Pengejaan yang benar: phone-dent
Croissant
Yang sering terlontar: croi-saant
Pengejaan yang benar: krwa-san
Zuchchini
Yang sering terlontar: zoo-chi-nee
Pengejaan yang benar:zoo-kee-nee

Minuman Ini Diklaim Penyebab Puber Dini

MINUMAN ringan atau minuman dingin yang beraneka macam di pasaran, diklaim sebagai penyebab pubertas dini. Dan peningkat risiko kanker payudara pada anak.
Para peneliti memperingatkan bahwa, konsumsi minum satu setengah kaleng minuman ringan per hari, dapat meningkatkan risiko tersebut pada anak perempuan. Studi menunjukkan bahwa, setiap tahun masa puber anak perempuan maju lebih dini dan risiko kanker payudara mereka meningkat lebih dari lima persen.
“Studi kami menambah perhatian pada perluasaan tren minuman manis yang diminum oleh anak-anak dan remaja. Perhatian kami kini tertuju pada fenomena percepatan waktu menstruasi pada remaja perempuan,” kata Profesor Karin Michels, seperti dikutip dariTorontosun, Jumat (30/1/2015).
Penemuan ini, menurut penulis studi, penting untuk konteks puberty dini pada anak perempuan yang telah diteliti di negara-negara berkembang. Fenomena tersebut, sebelumnya belum diketahui, namun penelitian ini menunjukkan adanya hubungan ini dengan tren konsumsi minuman ringan dengan pemanis tambahan.
“Percepatan masa pubertas diperkirakan meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak lima persen. Jadi, 2,7 bulan pergeseran yang terjadi pada masa pubertas memiliki dampak jelas pada risiko kanker payudara. Untuk mengatasi ini, lebih banyak kemungkinan untuk mengubah faktor minumannya daripada risiko kesehatan yang dihadapi masyarakat,” tambahnya.

Anies Baswedan: Roadmap Kebijakan Ujian Nasional (UN)

Minggu lalu (23/1/2015), Mendikbud Anies Baswedan melakukan press conference tentang Ujian Nasional. Beliau mengumumkan bahwa mulai tahun 2015 akan ada perubahan mengenai Ujian Nasional (UN).
Mulai tahun 2015, nilai UN tidak menjadi syarat kelulusan. Kelulusan siswa sepenuhnya ditentukan oleh sekolah. Selain itu, rancangan Surat Keterangan Hasil UN mulai tahun 2015 akan lebih deskriptif. Itulah pokok keputusan untuk tahun ini.
Mengapa masih ada Ujian Nasional (UN)?
Menurut Mendikbud, karena hasil UN tetap digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk:
  • pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan
  • dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
  • pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan;
***

Jadwal Ujian Nasional (UN) 2015

Tanggal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2015 adalah:
  • UN SMA/sederajat: 13-15 April 2015
  • Pengumuman hasil UN SMA: 18 Mei 2015
  • UN SMP/sederajat: 4-6 Mei 2015
  • Pengumuman hasil UN SMP: 10 Juni 2015
***

Peta jalan Perubahan UN

road-map-UN
Kebijakan UN tahun 2015 adalah kebijakan antara. Mulai tahun 2016 dan seterusnya, kebijakan UN akan lebih ditujukan menjadi alat pemetaan/diagnostik dan sarana mendorong pembelajaran yang berkualitas dan berintegritas.
Mulai tahun 2016, UN akan dilaksanakan awal semester akhir. Setelah hasil UN diperoleh , siswa dapat memperbaiki diri dan melakukan ujian ulang.
Sebagai alat pemetaan dan pendorong kualitas, Kemendikbud memvisikan UN berbasis komputer (computer based testing, CBT) dan pembentukan testing center di daerah-daerah dengan jadwal pelaksanan ujian yang lebih fleksibel.
Menurut rencana, pada tahun 2015 akan dilakukan perintisan Ujian Nasional CBT dengan target beberapa sekolah pada setiap jenjang di setiap propinsi. Pada tahun-tahun berikutnya CBT akan dilakukan dengan cakupan luas di 34 propinsi pada jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Paket B dan C.
***

Jalur Pendidikan Informal & Nonformal

Sebagai praktisi homeschooling (informal), aku berharap UN berbasis CBT dan pembentukan testing center benar-benar direalisasikan dan diterapkan untuk Ujian Kesetaraan. Mudah-mudahan dengan model CBT dan ujian melalui testing center, beberapa permasalahan ujian kesetaraan seperti kendala ketersediaan ujian dan kerumitan prosedur bisa diatasi. Juga, kualitas Ujian Kesetaraan bisa ditingkatkan sehingga kredibilitas Ijazah Kesetaraan menjadi lebih baik.
Harapanku untuk pemerintah, uji coba dan piloting Testing Center tak hanya ada di satuan pendidikan formal (sekolah), tapi juga melibatkan satuan pendidikan nonformal yang mengadakan Ujian Kesetaraan.
kalo ini wajib berani suamiku, mo bikin anak kan kesepakatan berdua, nungu lahir y hrs b2, tangungjwb seumur hidup thdp anak toh jg b2

Perlunya Menemani Istri Bersalin

Rasa takut istri Anda menghadapi proses persalinannya mungkin jauh lebih besar ketimbang rasa takut Anda melihat darah di ruang bersalin. Namun, tahukah Anda bahwa dengan menemani istri melahirkan, Anda telah membantunya melewati 1 fase terberat dalam hidupnya? Berikut beberapa alasannya!

1.  Membantu mengurangi rasa sakit
Menurut penelitian dari The Fatherhood Institute di Inggris yang mengkampanyekan peran ayah, ibu akan dapat melahirkan dalam waktu yang lebih singkat dan memiliki risiko epidural yang lebih kecil jika pendamping persalinan mengetahui cara mengatasi rasa sakit. Jangan ragu dan malu saat istri Anda minta ditemani di kelas antenatal atau senam hamil. Anda bisa lebih tahu mengenai pertolongan pertama yang dapat Anda berikan pada Sang Istri saat ia membutuhkannya.

2.  Memberi dukungan
Tak ada yang lebih diinginkan istri selain kehadiran Anda untuk memberi dukungan moril saat ia berjuang melahirkan Sang Buah Hati. Siapa lagi yang dapat memahami kondisi terburuknya saat bersalin dan mengatakan ia tetap cantik, selain Anda sendiri? Tunjukkan kepadanya bahwa Anda adalah pemberi semangat yang bisa ia andalkan di dalam ruang bersalin.

3.  Mengimbangi sisi emosional
Walaupun pria dikenal kurang peka, sikap praktis dan logis Anda akan berguna untuk mengimbangi sisi emosional Sang Istri. Jika Anda berpikir bahwa ibu atau adik perempuan Anda lebih tepat mendampingi istri Anda melahirkan, pikirkan lagi. Bisa jadi mereka malah ikut panik ketika istri Anda kesakitan di tengah kontraksi. Bersikap tenang dan membantu memberi pengarahan yang diberikan dokter di ruang bersalin akan sangat membantu istri Anda secara psikologis.

4.  Pemberi semangat dan menenangkan
Menurut penelitian, para ibu yang ditemani suami mereka saat bersalin akan mendapat kesan dan pengalaman yang lebih positif daripada yang tidak ditemani suami. Bersikap tenang di sebelah istri Anda sambil memberi semangat dengan kata-kata positif sudah sangat membuatnya bahagia. Anda juga harus mampu menenangkan istri ketika ia mulai cemas akan terjadi sesuatu tak terduga dalam proses persalinan.

5.  Kreatif
Menunggu adalah kegiatan paling membosankan bagi siapa saja. Saat Anda menunggu bayi Anda dibersihkan setelah proses persalinan selesai, Anda dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan menghasilkan sesuatu yang bernilai, seperti mengabadikan keadaan dengan berfoto.

6.  Merasakan suasana bahagia
Menurut penelitian, hormon oksitosin calon ayah semakin meningkat pada detik-detik menjelang dan pasca-kelahiran bayinya. Hormon oksitosin adalah hormon yang memicu perasaan bahagia. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

INI 3 TANDA ORANG TUA TERLALU MEMANJAKAN ANAK
Dear Ayah Bunda,
Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan semua yang terbaik bagi anak. Akan tetapi, bagaimana kita tahu bahwa telah memberikan yang terbaik? Atau kita malah justru memanjakan anak.
Orang tua pastinya ingin membesarkan anak menjadi pribadi yang mandiri yang tangguh. Supaya tidak keluar jalur, di bawah ini ada tiga tanda bahwa kita sudah salah dalam memperlakukan anak bahkan malah memanjakan mereka.
1. Anda tidak pernah menggunakan kata 'tidak' alias tidak pernah menolak segala permintaan si kecil. Anda mungkin merasa tidak tega menolak keinginan mereka, tapi bila terus dibiarkan, anak akan terbiasa mendapatkan apa yang dia inginkan hingga besar. Anak akan terbiasa mendapatkan segala yang ia minta karena tidak pernah merasakan larangan atau penolakan.
2. Anda membelikan terlalu banyak mainan. Saat anak ulang tahun, Anda rela membelikan iPad atau rumah boneka. Tapi ingatlah membelikan mainan semahal apa pun tidak berarti rasa cinta Anda lebih besar pula. Waktu untuk mereka jauh lebih berharga ketimbang mainan mahal dan banyak.
3. Anak terus merajuk dan selalu merasa tidak puas. Karena terbiasa dituruti, lama-kelamaan anak akan merasa tidak pernah terpuaskan, bahkan bila Anda sudah merasa memberikan segalanya. Jika Anda melihat anak selalu mengeluh dan merajuk, itu berarti Anda sudah salah atau berlebihan dalam memperlakukan dia.
Semoga bermanfaat. smile emoticon
simak artikel menarik lainnya di http://maduvitabumin.com/
[adv]: **** VITABUMIN NUTRISI TUMBUH KEMBANG ANAK, PENAMBAH NAFSU MAKAN DAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK, REKOMENDASI DOKTER ANAK DAN HERBALIS****
PENYEBAB DAN CIRI-CIRI ANAK SEDANG STRESS
Dear Ayah Bunda,
Tak hanya orang dewasa yang bisa menderita stres. Anak-anak pun berpeluang mengalami stres. Harus diwaspadai karena stres berlebih termasuk salah satu gangguan kejiwaan.
Agar tumbuh kembang anak, terutama pertumbuhan mentalnya, tidak terganggu, maka sedapat mungkin anak-anak jangan dibiarkan menderita stres berkepanjangan. Berikut ini penyebab dan ciri-ciri seorang anak sedang stres.
Penyebab
- Perubahan besar
Perubahan besar di antaranya pindah ke rumah baru, pindah sekolah, atau apapun yang serbabaru dan memerlukan waktu untuk beradaptasi.
- Konflik keluarga
Terjadinya konflik dalam kehidupan berumah tangga tak dapat dihindari. Namun, sebagai orangtua, Anda harus bijaksana dalam menangani konflik. Hindari perselisihan di depan anak karena akan menyebabkan rasa keyakinan dan kepercayaan mereka hilang. Rumah seharusnya menjadi tempat bernaung yang memberi rasa aman dan nyaman.
- Jadwal kegiatan terlalu padat
Wajar jika orangtua menghendaki yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun, ada kalanya orangtua jadi terkesan memaksakan kehendak dengan membebani anak jadwal kegiatan yang padat. Sebelum mengikutsertakan anak ke tempat les atau kegiatan di luar sekolah, sebaiknya tanya kepada anak apakah berminat. Tanyakan juga kepada diri Anda, apakah les tersebut diperlukan anak?
- Pekerjaan sekolah
Kegiatan belajar di sekolah kadang menjadi momok menakutkan bagi anak. Terutama bagi mereka yang kurang memahami mata pelajaran dengan baik. Di sini diperlukan peran dan perhatian lebih orangtua kepada anak.
- Masalah sosial
Gangguan, ejekan, dan perasaan tersisihkan dari teman sebaya sangat mempengaruhi emosi jiwa anak. Perhatikan jika terdapat perubahan sikap anak dari ceria menjadi murung. Bisa jadi, ini penyebab anak stres.
- Merasa tidak disayang orangtua
Anak-anak adalah pribadi yang unik. Meski bersaudara kandung, antara kakak dan adik memiliki kepribadian dan sifat berbeda. Mereka juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hindari membandingkan mereka dan menonjolkan kasih sayang berbeda.
Ciri-ciri
Sebenarnya, ciri-ciri anak sedang stres mudah dikenali .Anak yang stres biasanya mengalami perubahan perilaku. Dari yang semula riang, mendadak murung. Berikut ciri umum yang ditunjukkan anak ketika stres.
- Fisik
Mengompol, susah tidur, nafsu makan turun, sakit perut, gagap, mimpi buruk dan sakit kepala, menjadi ciri fisik yang dialami anak stres.
- Emosi
Gejala emosi anak diliputi rasa bosan, tidak ada keinginan terlibat kegiatan di sekolah atau di rumah, marah, takut, menangis, berbohong, berlaku kasar kepada teman, bereaksi berlebihan terhadap hal sepele, dan melorotnya nilai akademik.
- Kognitif
Mendadak kehilangan konsentrasi saat belajar di sekolah dan kurang minat menyelesaikan pekerjaan sekolah, suka menyendiri dalam waktu lama.
- Tingkah laku
Anak tidak mampu mengontrol emosi, bersikap brutal, keras kepala, dan tempramen. Tanda lain yang bisa Anda amati yakni terjadi perubahan pola tidur, muncul kebisaan baru seperti menghisap jempol, memilin rambut, dan mencubit hidung. (berbagai sumber)
Semoga bermanfaat. smile emoticon
simak artikel menarik lainnya di http://maduvitabumin.com/
[adv]: **** VITABUMIN NUTRISI TUMBUH KEMBANG ANAK, PENAMBAH NAFSU MAKAN DAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK, REKOMENDASI DOKTER ANAK DAN HERBALIS****

Tips Cegah Kotoran Keluar saat Melahirkan

SAAT tiba saatnya Anda akan melahirkan, Anda tentu hanya ingin anak Anda yang keluar dari perut Anda. Namun, masih ada hal memalukan lain yang bisa keluar bersama sang bayi bila Anda tidak terlalu memperhatikan, yaitu kotoran dari usus Anda.
Sebelum tahap persalinan terjadi, ada beberapa waktu bagi Anda untuk melakukan persiapan. Salah satunya adalah untuk membersihkan pencernaan Anda. Di rumah sakit atau klinik, bidan akan membantu untuk langkah-langkah tersebut.
Namun tidak ada salahnya bila Anda mengetahui terlebih dulu hal apa yang bisa dilakukan untuk mengosongkan usus Anda saat memasuki hari H. Berikut adalah penjelasannya, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (30/1/2015).
Kosongkan usus besar
Perhatikan ini bila Anda mulai merasakan kontraksi di dekat tanggal di mana Anda diprediksikan akan melahirkan. Rajinlah buang air besar di hari-hari menjelang kehamilan.


Makan daging
Jangan hanya makan sayuran atau buah saat mendekati hari kelahiran. Masukkan daging ke dalam diet Anda. Daging dapat memperkeraskotoran dan membantunya agar tidak mudah keluar saat proses melahirkan.
Hindari makanan yang menghasilkan gas
Beberapa hari sebelum melahirkan, hindari makanan yang dapat menghasilkan gas perut atau membuat perut kembung. Ini hanya akan memudahkan kotoran keluar saat saluran kandungan berkontraksi.

Anak Suka Membenturkan Kepala

Kebiasaan membentur-benturkan kepala umum dilakukan bayi dan batita. Membentur-benturkan kepala merupakan salah satu gerakan berirama yang banyak dilakukan anak. Hal ini akan menenangkan anak yang lebih kecil, terutama menjelang tidur.

Pada usia 6 bulan, bayi mulai membentur-benturkan tubuhnya. Nah, ia akan membenturkan kepalanya di usia 9 bulan. Tidak diketahui persis penyebab anakmelakukannya, meski begitu ada yang menyakini bahwa 1 dari 5 anak akan menjadi pembentur-bentur kepala sejati. Mereka senang melakukannya karena menenangkan dan juga membuatnya merasa nyaman.

Uniknya, bayi laki-laki memiliki peluang sebesar 3 kali lipat lebih besar untuk melakukannya ketimbang bayi perempuan. Dan, kebanyakan kebiasaan ini akan berhenti saat anak berusia 4 tahun.
Apa yang harus orang tua lakukan? Jika hal ini dilakukan sebentar menjelang tidur, lama kelamaan kebiasaan ini akan menghilang, kok.

Kalau sering terjadi dan berlangsung cukup lama, segera ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Lakukan juga hal ini jika anak tetap membentur-benturkan kepala hingga usia 3 tahun. Kadang kala, membenturkan kepala disebabkan karena infeksi telinga yang diderita anak. Berbahayakah hal ini? Mereka bisa saja memar, namunanak tidak tampak kesakitan. Haruskah kisi-kisi boks diberi bantalan? Tidak dianjurkan karena tidak aman bagi bayi.

Stretchmarks saat Hamil?

Saat hamil, selain bentuk tubuh yang berubah, sering pula ditemui 'motif' kulit di sekitar perut, serta lipatan dekat pinggul dan paha.  Ya, stretchmarks atau garis parut ini kerap mengganggu penampilan para bumil.

Stretchmarks disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, hormon, hidrasi, dan nutrisi. Anda yang memiliki kulit terang akan lebih rentan terhadap stretchmarks, karena Anda memiliki kadar melanin yang lebih rendah. Sementara itu, bumil yang mengonsumsi banyak cairan dan makanan bergizi akan memiliki kulit sehat dan elastis, sehingga jarang yang dihinggapi stretch marks.

Stretchmarks dapat muncul saat kehamilan, karena kulit kehilangan daya elastisitasnya akibat peregangan maksimal. Kulit itu sendiri terdiri dari 3 lapisan, yaitu epidermis (lapisan paling luar), dermis (lapisan tengah), dan hipodermis atau subkutan (lapisan dalam berisi jaringan lemak di bawah kulit). Lapisan dermis berfungsi sebagai tempat pembuluh darah yang mendistribusi nutrisi pada kulit. Lapisan dermis ini terbuat dari jaringan serat-serat elastis (elastin) yang membuat kulit dapat meregang.

Ketika Anda hamil, kulit perut meregang sangat besar dalam waktu cepat. Selain itu, hormon glukokortikoid juga memengaruhi dermis dalam memproduksi kolagen dan elastin. Akibatnya, serat-serat itu kehilangan kekenyalannya bahkan pecah, sehingga membuat kulit lebih tipis. Jika Anda mendapati garis merah keunguan pada perut saat hamil, itu terjadi akibat penipisan dermis, sehingga pembuluh darah di dalamnya terlihat.

Anda Bisa Mencegahnya!
Untuk mencegahnya, biasanya bumil menggunakan krim penghilang stretchmarks yang tersedia di apotek atau toko kosmetik. Umumnya, krim ini mengandung kolagen untuk merawat kekenyalan kulit, juga kandungan vitamin A dan E, serta ekstrak kokoa yang akan membantu mengembalikan kekenyalan kulit. Pelembap dalam krim juga baik untuk mengurangi kekeringan pada kulit yang meregang. Selain kandungan di dalam krim, cara Anda mengoleskannya juga akan berpengaruh pada kulit. Anda perlu melakukan pemijatan ringan untuk membantu sirkulasi darah pada lapisan dermis. Dengan begitu, ketegangan pada lapisan dermis dapat dikurangi.

Ada banyak produk pilihan yang dijual bebas ataupun yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk mencegah maupun menghilangkan stretchmarks. Meski Anda belum tentu akan dihinggapi stretchmarks, Anda dapat mengurangi risikonya dengan berdiet sehat. Anda perlu mengonsumsi lebih banyak cairan, tidak hanya dari air minum tetapi juga dari buah dan sayuran. Kurangi asupan kafein, soda, dan minuman effervescent. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin E dan C, serta mineral Zn dan Si. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu terik dan berolahragalah dengan teratur. Dengan demikian, Anda dan janin pun bisa lebih sehat. (Gita/DMO/Dok. M&B)

Masa Inkubasi Cacar Air

Berapa lama masa inkubasi cacar air? Cacar air (chicken pox) adalah penyakit infeksi virus varisela yang diltularkan melalui udara dengan gejala demam disertai bercak berwarna merah muda yang segera berubah menjadi berisi air, dan berubah keruh serta menjadi keropeng dalam 24 jam dan menyerang seuruh tubuh. Masa inkubasi cacar air sekitar satu minggu.


Apa yg harus dilakukan jika anak terkena cacar air? Bolehkah anak tetap bersekolah? Biasanya anak akan diberi obat penurun demam sesuai kebutuhan, dan oleh karena sangat menular harus diisolasi, sehingga tidak dapat ke sekolah. Karena itu, begitu timbul gejala, anak harus segera dibawa ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan nasihat untuk cara isolasi pasien. Apabila mengalami kejang, tidak mau makan dan minum atau terkena komplikasi, anakharus dirawat.


Cacar air dapat dicegah dengan imunisasi. Agar anak tidak tertular cacar air, hindarkan anak dari kontak dengan penderita varisela dan bawa anak Anda ke dokter untuk segera divaksinasi.


DR. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), MTropPaed
Dokter Spesialis Anak, KonsultanPenyakit Infeksi dan Pediatri Tropis di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI - RSCM
sangattt pentingggg, yg jelas cewe tu g ada yg takut melahirkan, kalo takut melahirkan ato kapok, g mungkin anak nya nambahhh terus, melahirkan tuh mungkin kyk luka kecil yg cepet kering hehehe,,,,pede banget aku ini

Kiat Agar Tak Takut Melahirkan

Rasa takut yang satu ini ternyata menduduki peringkat teratas. Bukan cuma ibu yang baru pertama kali melahirkan saja, tetapi juga mereka yang sudah berpengalaman.Ketidaktahuan mengenai apa yang akan terjadi pada minggu-minggu mendatang selamakehamilan memang memicu rasa takut dalam diri Anda. Begitu takutnya, bisa jadi Anda tiba-tiba saja jadi super rajin menemani suami menonton tayangan langsung pertandingan sepakbola. Atau, mata Anda tak kunjung terpejam meski jam menunjukkan pukul 03.00 dini hari.

Tak perlu lari dari kenyataan. Anda kan bukan burung kasuari yang punya hobi mengubur dalam-dalam kepala di lubang tanah. Sebaliknya, cari tahu dan pelajari mekanisme proses persalinan agar tak lagi takut menghadapi proses melahirkan. Caranya:
  • Banyak-banyaklah membaca buku.
  • Ikuti kelas prenatal di rumah sakit bersalin pilihan Anda.
  • Biar tambah mantap, boleh juga Anda melakukan tour keliling rumah sakit. Hitung-hitung Anda belajar mengenali suasana tempat bersalin kelak.
  • Tutup kuping rapat-rapat terhadap pengalaman persalinan teman atau famili yang seram-seram.

Atasi Masalah Kulit Saat Hamil

Tanya
“Selama menjalani kehamilan kedua ini, kulit saya jadi sering bermasalah. Wajah saya penuh jerawat dan kulit di persendian pun menghitam. Bagaimana ya cara tepat untuk mengatasinya?”
(Saraswati, ibu dari Nadia Alana Putri, 2, dan sedang hamil 6 bulan)

Jawab
Minum Air Putih

“Saat hamil, saya juga mengalami masalah dengan kulit wajah yang mendadak berjerawat. Untuk menyiasatinya, saya selalu rajin membersihkan wajah dan banyak mengonsumsi air putih. Cara itu cukup efektif untuk mengurangi jerawat yang tumbuh di wajah saya.”
(Egah, 28, ibu dari Egri, 22 bulan)

Bahan Alami untuk Wajah
“Semasa hamil dulu, kulit perut saya rasanya gatal sekali. Untuk mengatasinya, saya memakai krim khusus yang bisa mengurangi gatal. Tetapi untuk merawat wajah, saya tidak berani menggunakan krim kecantikan. Saya memilih bahan alami, seperti membuat masker dari tomat atau ketimun untuk menjaga kelembapannya.”
(Endah Yuniastuti, 33, ibu dari Rasheed Maulana Kadhafi, 4 tahun 5 bulan)

Obat Khusus Ibu Hamil
“Saat hamil 8 bulan, saya terkena masalah kulit yang diakibatkan oleh virusvarisela zoster. Kondisi itu sempat membuat saya sangat takut, sebab dokter mengatakan untuk mencegah Si Bayi tertular, saya kemungkinan tidak bisa melahirkan normal. Kecuali, saya sembuh sebelum waktu persalinan tiba. Beliau pun menenangkan saya dengan memberikan obat-obatan dan antibiotik yang aman untuk bumil. Saya akhirnya sembuh dan bisa melahirkan normal.”
(Afsun Aulia Nirmala, 7, ibu dari Janitra Gendhis Sastradinatha, 20 bulan)

Minyak Kayu Putih
“Permasalahan yang saya alami saat hamil adalah rasa gatal luar biasa di kulit sekitar perut. Saya terkadang sampai tidak bisa menahannya dan selalu ingin menggaruk. Saya pun mencoba mengatasinya dengan mengoleskan minyak kayu putih, agar perut terasa hangat. Rasa hangat itu ternyata berhasil mengurangi gatal. Mandi juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal di perut.“
(B. Enggar Titianingtyas, 27, ibu dari J.D. Patih Wibowo, 16 bulan)

Menjaga Kebersihan Tubuh
“Saya mengalami masalah jerawat dan kulit menghitam ketika hamil. Tetapi saya sadar itu akibat perubahan hormon, jadi saya tidak terlalu ambil pusing. Saya hanya berusaha untuk lebih menjaga kebersihan tubuh. Misalnya, untuk mengurangi jerawat, saya berusaha lebih rajin membersihkan wajah. Sedangkan untuk kesehatan kulit tubuh, saya rajin memakai lulur dan pelembab tubuh.”
(Ferbriandina, 26, ibu dari Arkananta, 1,5 bulan)

Rajin Luluran
“Di kehamilan kedua, saya mengalami masalah kulit berupa timbulnya bercak-bercak hitam agak besar di bagian kaki dan tangan. Untuk mengatasinya, saya rajin melakukan lulur tubuh. Walaupun tidak langsung memperlihatkan perubahan, lulur tersebut membuat saya lebih percaya diri. Dan di trimester kedua bercak hitam itu ternyata perlahan hilang dengan sendirinya.“
(Pratiwi Frederik, 25, ibu dari Allin Love Shalom, 2,5 tahun, dan Justin Faith Shalom, 6 bulan)

(SA/Sagar/Dok. M&B)

Yuk, Coba Senam Yophytta Untuk Bumil!

Setiap kehamilan akan membawa perubahan dalam diri seorang ibu, baik fisik maupun emosi. Sebaiknya ibu hamil melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan dapat menjaga kesehatan ibu dan janin. Salah satu yang dapat dilakukan adalah senam hamil Yophytta. Senam hamil Yophytta merupakan senam yang baik untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan ketenangan pikiran dan kesiapan fisik serta mental untuk menghadapi persalinan. Senam yang mengombinasikan gerakan yoga, pilates, hypnotherapy, dan tai chi ini dapat memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut. Selain itu, dengan melakukan gerakan senam ini secara rutin, Anda dapat mengurangi keluhan saat hamil seperti sakit kepala, nyeri sendi, dan morning sickness.
Bagi ibu hamil yang sudah memasuki usia kandungan 5 bulan, Anda sudah dapat melakukan senam Yophytta secara teratur. Jika usia kandungan Anda belum 5 bulan, lebih baik menunggu karena pada umur keahamilan di atas 5 bulan keadaan janin dan ibu sudah lebih sehat dan siap melakukan berbagai gerakan dalam senam Yophytta.
Jika Anda ingin mengikuti senam hamil Yophitta, yuk gabung dalam Yophytta Materna Event yang diadakan di The Main Hall , Kota Kasablanka, 7 Februari 2015 (info : 0815.8666692) dan di Hotel Sheraton Surabaya pada 15 Februari 2015 (info: 0821.43123985). Untuk informasi lebih lanjut klikhttp://anmum.co.id/yophytta/ . (HG/DT/Image: Dok.Anmum)

Kendala Saat Menyusui

Hampir seluruh ibu pasti ingin memberikan ASI dan menikmati momen-momen menyusui bayinya. Kendati demikian, ada beberapa gangguan yang bisa muncul untuk menghalangi keberhasilan pemberian ASI pada Si Kecil. Sebelum Si Kecil lahir, ada baiknya Anda mengenali apa saja masalah-masalah yang terkait pada saat menyusui.

Thrush
Meski tidak berbahaya, masalah infeksi jamur yang dialami di sekitar mulut bayi dapat menulari area puting Anda. Masalah ini kebanyakan menular pada bayi melalui jalan lahir. Dan setelah lahir, atau selama proses melahirkan, antibiotik yang dikonsumsi oleh Anda atau Si Kecil mampu memicu tumbuhnya thrush. Beberapa gejala thrush adalah puting terasa gatal dan terbakar, serta nyeri saat ataupun setelah menyusui. Pada bayi, thrush akan membuatnya menangis tidak nyaman saat disusui dan timbul bidang berwarna putih di bagian langit-langit mulut, gusi, atau sekitar pipi. Jika ini terjadi, segera konsultasi ke dokter dan pompa ASI sampai puting terasa lebih nyaman.

Puting lecet dan berdarah
Bila puting lecet dan berdarah saat menyusui, berarti ada yang salah dengan posisi dan teknik menyusui yang Anda lakukan. Menyusui semestinya tidak menyakiti. Penggunaan breast pump yang kurang benar pun dapat menyakiti puting Anda, misalnya karena menggunakan level isapan paling kuat. Oleh sebab itu, Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli laktasi untuk membantu menunjukkan posisi dan pelekatan menyusui yang benar. Thrush dan bayi memiliki tongue tie bisa juga menjadi penyebab dari masalah ini.

Produksi ASI sedikit
Semua ibu pasti pernah merasa ketakutan kalau-kalau ASInya tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Padahal, produksi ASI yang sedikit sebenarnya dapat terjadi karena frekuensi menyusui yang jarang (mungkin karena puting lecet, pelekatan yang tidak baik, dan sebagainya). Penyakit, penggunaan pil KB yang mengandung hormon estrogen, kelainan hormon, atau pernah melakukan operasi payudara pada beberapa ibu, dapat menyebabkan rendahnya produksi ASI. Namun teruslah berusaha ya, Moms! Karena semakin sering Si Kecil disusui, maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi.

Milk Blister
Milk blister adalah masalah umum yang sering ditemui para ibu menyusui. Gejalanya yaitu terdapat bintil-bintil putih sebesar jerawat yang akan pecah di sekitar puting payudara Anda. Bila bayi sedang menyusu, puting payudara akan terasa seolah ditusuk tibuan jarum. Untuk mengatasinya Anda dapat mengompres payudara dengan air hangatsetiap akan menyusui lalu selalu membersihkan sisa ASI yang menghambat di saluran puting.

Breast Preference
Terkadang Si Kecil lebih suka digendong atau dipeluk hanya di salah satu sisi saja, sehingga ia hanya mau disusui dari satu payudara saja. Namun bila tiba-tiba Si Kecil menolak menyusu dari dua payudara Anda, bisa jadi ada sesuatu yang menyakitinya, misalnya infeksi telinga di salah satu telinga. Karenanya, perhatikan kondisi Si Kecil dengan seksama jika ada sesuatu yang janggal terjadi, termasuk saat sedang menyusui. Aliran ASI yang lambat di salah satu payudara akibat banyak faktor, seperti pernah melakukan operasi payudara atau menderita kanker dan gangguan hormonal, pun dapat menjadi alasan mengapa Si Kecil menolak menyusu dari payudara tersebut. Padahal, risiko payudara yang jarang digunakan untuk menyusui akan membengkak dan produksi ASInya menurun. Berkonsultasi dengan ahli laktasi dan pompa ASI dari payudara tersebut dapat menjadi beberapa solusi dari masalah ini. (VH/OCH/Sagar/DT/Dok. M&B)

5 OMONGAN ORANG TUA YANG MENIMBULKAN LUKA BATIN ANAK
Dear Ayah Bunda,
Dilansir dari tribunnews.com, setiap orangtua pasti ingin yang terbaik unntuk anak-anaknya. Tidak ada orangtua yang ingin menyakiti atau menyebabkan hal-hal buruk terhadap anak. Namun, tanpa disadari ada beberapa omongan orangtua yang bisa menimbulkan luka batin anak . Maka, beberapa hal ini mestinya Anda hindari:
Pertama, memberi label pada anak . Orangtua kerap menyebutkan anak “malaikat kecil yang sempurna". Karena label dan sebutan ini, anak berusaha menjadi dan terus berupaya menjadi sempurna. Tidak membuat kesalahan (atau setidaknya salah menurut mereka). Mereka berusaha menjadi seorang yang perfeksionis, namun justru membebani mereka.
Memberi label atau sebutan pada anak di satu sisi akan membuat ruang gerak mereka terbatas. Anak jadi takut berbuat kesalahan. Mereka seolah harus membuktikan diri telah menjadi sesuatu, berprestasi, dan sebagainya, dan ini tidak sepenuhnya positif. Daripada memberi label pada anak, lebih baik tunjukkan bagaimana usaha mencapai sesuatu dan kualitas diri yang bisa mereka kembangkan.
Hal kedua, membandingkan anak dengan anak lain . Orangtua mungkin berpikir bahwa membandingkan anak dengan yang lain akan memotivasi mereka untuk menjadi lebih baik. Ini tidak benar. Dengan membandingkan mereka satu sama lain, justru hubungan mereka menjadi tidak baik bahkan saat bertumbuh bersama.
Satu anak akan merasa superior atau lebih baik, dan yang lain merasa menjadi pecundang. Dari ini saja sudah sepenuhnya salah. Membandingkan anak satu sama lain memberi dampak negatif dan perasaan tidak nyaman. Daripada membanding-bandingkan mereka, lebih baik jelaskan bagaimana usaha yang bisa ia lakukan dengan maksimal tanpa harus berkaca pada anak lainnya.
Hal ketiga, yang kerap tanpa sadar dilakukan adalah mengatakan "Oh, kamu anak yang mengecewakan ." Hati-hati dengan ucapan atau lontaran yang Anda lakukan. Ketika anak tidak berprestasi di sekolah, orangtua kerap mengatakan bahwa mereka mengecewakan. Sebelum mengatakan ini lebih baik pikir ulang lagi.
Bukannya menjadi lebih baik, namun mereka justru akan kecewa terhadap diri mereka sendiri. Hal ini memberi efek yang negatif di dalam diri mereka secara emosional, dan menurunkan rasa percaya diri. Anak akan mengalami luka batin yang akan terus menetap hingga dewasa. Jika kecewa dengan hasil capaian anak atau sikapnya, lebih baik katakan, "Apa yang bisa dilakukan agar bisa lebih baik?'
Hal keempat, memberi kritik yang (niatnya) membangun . Ada baiknya hati-hati juga dengan yang satu ini. Kritik membangun yang menurut Anda positif bisa saja membuat anak terbebani. Kritik tersebut tidak membangun energi positif atau memotivasi, tetapi justru sebaliknya.
Ketika anak membuat kesalahan, lebih baik sampaikan "apa yang mesti dilakukan untuk memperbaikinya, dan menjadi lebih baik". Cara ini justru akan memberi motivasi ketika mereka diajukan pertanyaan yang memberinya energi positif.
Hal kelima, mengalihkan stres dan frustrasi pada anak . Kerap terjadi ketika suasana di tempat kerja tidak baik. Hal ini berakibat suami lalu berteriak pada istri, ibu memarahi anak, dan anak akan menyakiti binatang piaraannya. Orangtua mesti sadar diri bahwa frustrasi akibat apa pun yang terjadi di luar rumah, entah pekerjaan atau hubungan yang sedang memburuk, jangan ditunjukkan pada anak. Apalagi sampai berteriak kencang pada mereka.
Pikir-pikir lagi ketika akan melimpahkan perasaan karena stres atau frustrasi. Tanpa Anda sadari, omongan orangtua bisa menimbulkan luka batin anak . Karena bagaimana pun mereka masih kecil dan masa bertumbuh tidak akan sanggup menanggung beban masalah Anda. Kasih orangtua mestinya tak terbatas dan dalam kondisi apapun.
Semoga bermanfaat. smile emoticon
[adv]: **** VITABUMIN NUTRISI TUMBUH KEMBANG ANAK, PENAMBAH NAFSU MAKAN DAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK, REKOMENDASI DOKTER ANAK DAN HERBALIS****
Dalam penggunaan obat kita mengenal dosis batas toleransi yg digunakan...
Jadi ada obat obat yg batas toleransi dosisnya longgar, ada obat obat yg batas toleransinya ketat...
Obat obat umum yg dijual dipasar bebas, yg bisa kita peroleh tanpa resep dokter, misal obat flu, antangin, dsb mempunyai batas toleransi dosis yg cukup longgar (hati hati bukan berarti nggak ada dosisnya loh!)...
Misal, antangin... Makan satu sachet atau dua sachet dalam sehari tak akan masalah, bukan?
Nah beda dengan obat obat yg batas toleransinya ketat, dampak sampingnya cukup berbahaya, maka untuk memperoleh obat itu perlu resep dokter... Yg artinya penggunaan obat itu dipantau dengan sepengetahuan dokter...
Nah sehubungan dengan obat/vitamin yg nyaris rutin thaller konsumsi setiap hari, juga ada yg longgar toleransi dosisnya, ada yg ketat toleransi dosisnya...
1. Asam folat (folic acid atau kadang dikatakan sebagai vitamin B9) itu mempunyai toleransi dosis yg longgar...
Sebatas yg bisa saya cari di internet, tingkat bahaya penggunaan obat itu jika sampai 10 kali lipat dosis yg dianjurkan... (Bahan ada yg berpendapat batas bahayanya 100 kali lipat?)
Apa artinya?
Begini... Untuk thaller anak2 kebutuhan asam folat per harinya diperkirakan sekitar 1-2 mg/hari, jika dibawah dosis itu ada resiko munculnya gangguan defisiensi asam folat, yg ujung2nya bisa memperberat kondisi anemianya...
Bagaimana jika diatas dosis tersebut, misal konsumsi 5mg/hari... Tak masalah, itu tidak membahayakan, meski kebutuhan tubuh thaller anak2 itu sekitar 1-2 mg/hari... Bagaimana jika kita diresepkan oleh dokter 5mg/hari? Tak masalah, karena dokter tahu bahwa itu tak berbahaya, dan memang obat generik asam folat yg tersedia ukurannya 5 mg/tablet...
Bagaimana kebutuhan akan asam folat untuk thaller remaja dan dewasa... Diperkirakan sekitar 2-3 mg per hari...
Jadi kalau konsumsi 5mg/hari karena obat generik yg tersedia hanya ada ukuran tersebut, juga tak masalah...
Jika ada dana untuk membeli asam folat ber'merk' dengan dosis satuan misal 1mg/tablet, yach boleh boleh saja... Jangan lupa konsumsinya perlu 2-3 tablet per hari... Jika pake yg generik ukuran 5mg/tablet, juga tak masalah cukup satu tablet per hari...
2. Nah tadi itu untuk asam folatnya, bagaimana dengan vitamin E? Juga sama vitamin E itu dosis toleransinya masuk katagori yg longgar... Jadi konsumsi 150mg per hari atau konsumsi 300mg per hari tak masalah buat tubuh thaller, tapi jelas bisa bermasalah buat kantong... grin emoticon...
3. Bagaimana dengan dosis obat kelasi zat besi? Tentu ini masuk obat yg toleransinya ketat...
Dosis sudah ditentukan berdasarkan hasil penelitian, ditentukan batas-batas penggunaan dosis obat yg optimum... Dibawah dosis itu akan kurang fungsinya, diatas dosis itu akan lebih berbahaya buat tubuh...
Jadi penting sekali buat kita mengetahui dosis toleransi obat kelasi besi yg kita konsumsi setiap harinya... Itu sebenarnya tercantum dalam leaflet (lembaran keterangan) yg ada dalam kemasan obat dari produsennya...
Demikian yg bisa saya share pagi ini...
Salam perjuangan...

Bayi Dengan Berat Badan Rendah Berisiko Diabetes

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa bayi dengan berat badan rendah lebih rentan mengalami diabetes tipe 2 di masa depan. Para ilmuwan dari Brown University, AS, pun mencari tahu di bagian mana proses fisik pada bayi dengan berat badan rendah yang terganggu sehingga menyebabkan diabetes.

Studi dilakukan kepada lebih dari 1.200 wanita penderita diabetes tipe 2 dan sekitar 1.800 wanita yang tidak mengalami penyakit tersebut. Bayi-bayi yang lahir dengan berat badan di bawah 2,7 kg ternyata 1,27 kali lebih besar mengalami diabetes dibandingkan dengan bayi dengan berat badan 2,7-3,6 kg, dan 2,15 kali lebih besar berisiko diabetes daripada bayi yang berat badannya mencapai 3,6-4,5 kg.

Dilansir melalui Babycenter, studi yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia ini menjelaskan faktor-faktor yang diasosiasikan dengan meningkatnya risiko diabets di kalangan bayi dengan berat badan rendah adalah karena ketahanan insulin, masalah pada lapisan pembuluh darah, serta tingginya sistolik pada tekanan darah. Karenanya, sebaiknya selalu pantau berat badan bayi sejak ia masih di dalam kandungan agar terhindar dari masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. (Sagar/DT/Dok. M&B)

Atasi Payudara Bengkak

Sebagian besar ibu menyusui kerap mengalami rasa penuh, keras, nyeri, bengkak, dan tidak nyaman pada payudara. "Hal ini memang sering terjadi dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan. Bahkan saat sang ibu sedang tidak menyusui," ungkap konsultan laktasi di Inggris, Katherine Fisher, seperti dilansir dari sumber M&B UK.

Ia menambahkan, jika dibiarkan, hal tersebut bisa menjadi masalah karena beberapa faktor. Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk meredakannya.

1. Berikan ASI
Payudara yang mengeras mungkin salah satu faktornya karena ASI yang sudah ‘penuh’. Cobalah menyusui bayi Anda untuk memancing ASI keluar.

2. Memerah ASI
Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses pelekatan karena payudara yang terlalu keras atau bengkak, coba perah ASI Anda sebanyak 10 atau 20ml untuk memancing air susu keluar. Anda bisa memerahnya dengan cara manual atau menggunakan pompa ASI. Namun, hindari juga berlebihan dalam memerah ASI, karena hal tersebut juga dapat meningkatkan pasokan ASI Anda sehingga memicu terjadinya pembengkakkan pada payudara.

3. Atasi dengan Es
Jika rasa sakit pada payudara tak kunjung berhenti, coba kompres payudara Anda dengan es. Bungkus es atau kacang polong beku dengan handuk, lalu usapkan ke sekitar payudara hingga ketiak Anda selama delapan sampai 10 menit. Hal ini dapat membantu puting Anda mulai meneteskan air susu. Beberapa wanita juga mencoba mandi air hangat untuk memancing air susu keluar.

4. Pijat Lembut
Pijat payudara juga dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa tidak nyaman Anda. Hindari memijat dengan menggunaan jari, dan jangan terlalu keras. Sebaiknya, pijat lembut menggunakan telapak tangan Anda untuk menekan ke bawah. Anda juga dapat menggunakan minyak pijat. 

5. Berikan waktu
Pembengkakan pada payudara memang dapat terjadi dalam beberapa waktu. Jadi, tetap menyusui bayi Anda secara teratur, dan buat diri Anda senyaman mungkin. Jangan abaikan tanda untuk menyusui dan perhatikan kondisi payudara Anda. Pembengkakkan payudara juga dapat berkembang menjadi mastitis, yaitu keadaan di mana jaringan dalam payudara terinfeksi bakteri. Jadi, jika Anda mengalami demam dan menggigil, serta rasa tidak nyaman pada payudara tidak juga teratasi, segeralah periksakan ke dokter.(Aulia/DT/dok.M&B)

Sinusitis Pada Anak

Pernah dengar sinusitis? Nah, sinusitis terjadi jika salah satu atau beberapa lapisan sinus terinfeksi, baik oleh virus, bakteri, atau pun jamur. Sinusitis bukan penyakit baru. Tak hanya dewasa, anak pun bisa mengalaminya. Lalu, apa bedanya dengan pilek biasa?

1. Rasa nyeri dan tertekan di wajah
Sinus merupakan rongga-rongga di dalam tulang yang berada di sekitar hidung. Bila rongga kecil ini tersumbat, akan terjadi akumulasi lendir sehingga akan timbul rasa sakit dan berat pada bagian wajah. Sumbatan pada sinus dan inflamasi (peradangan) juga bisa menyebabkan otot-otot di sekitar pelipis dan dahi menguat, sehingga timbul rasa nyeri pada kepala.

2. Hidung bengkak
Bakteri yang berkembang biak dalam rongga sinus akan menyebabkan pembengkakan.

3. Bau mulut
Organisme penyebab infeksi sinus akan memproduksi buangan yang menyebabkan napas menjadi berbau.

4. Indera penciuman terganggu
Pilek juga bisa menyebabkan indera penciuman terganggu. Tapi, jika gangguan terjadi lebih dari seminggu, Anda perlu waspada bahwa itu diakibatkan oleh infeksi sinus.

5. Demam tidak terlalu tinggi
Saat sinus, sistem imun tubuh juga berperang melawan infeksi. Namun, demam pada kasus infeksi sinus tidak terlalu tinggi, berbeda dengan demam pada pilek.

6. Mata berair
Bila si kecil alergi terhadap alergen yang dihirup, seperti serbuk sari, bulu hewan, atau kutu debu, akan timbul reaksi perlawanan dalam bentuk hidung tersumbat dan mata berair. Reaksi imun ini bisa mengarah pada sinusitis.

Ingin Peningkatan Karier? Jangan Salah Pilih Pasangan
KOMPAS.com — Bagi para karyawan kantoran, mendapatkan promosi jabatan dan kenaikan gaji merupakan ambisi sekaligus prestasi yang membanggakan. Ternyata, selain kemampuan dan kecerdasan, karakteristik pasangan juga memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja. Mengapa demikian?
Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh Association for Psychological Science menganalisis karakteristik pasangan yang telah menikah. Tujuannya untuk mengetahui ciri kepribadian apa yang dimiliki Anda dan pasangan yang dapat mendongkrak prestasi kerja.
Dalam penelitian itu, para peneliti mengumpulkan data dari 4.554 orang responden yang telah menikah minimal selama lima tahun. Dalam tahun pertama pernikahan, para partisipan melaporkan bagaimana mereka menilai kepribadian seperti ketelitian, neurotisme, keramahan, dan keterbukaan mereka dan pasangan. Kemudian, untuk empat tahun berikutnya, mereka melaporkan kepuasaan mereka terhadap pekerjaan, pendapatan, dan promosi jabatan.

Lalu, peneliti pun mencari tahu tentang ciri kepribadian apa sebenarnya yang paling berkaitan erat dengan kesuksesan dalam pekerjaan? Ternyata, para peneliti menemukan bahwa ketelitian paling terkait dengan kesuksesan kerja. Para peneliti melaporkan, partisipan yang memiliki pasangan yang teliti memiliki kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan pendapatan mereka.

Selain itu, partisipan yang memiliki pasangan yang teliti pun memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk naik jabatan. Sebenarnya, hal ini berkaitan dengan fakta yang menyatakan bahwa mereka yang mengaku sebagai orang yang teliti ditemukan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan pendapatan mereka. Alhasil, mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk naik jabatan.

Adapun partisipan yang memiliki sifat ekstrover, ramah, dan teliti dilaporkan memiliki kepuasan yang tinggi terhadap pekerjaan mereka. Namun, menurut para peneliti, kunci sukses sebagai karyawan adalah memiliki prinsip dan tidak selalu setuju dengan atasan yang sarannya bisa merugikan perusahaan. Sebab, orang yang selalu berkata “ya” malah lebih sulit untuk naik jabatan.

Jangan Lakukan Ini Ketika Menyapih

Jika Anda tengah menyapih Si Kecil, hindari melakukan hal berikut, agar Si Kecil tidak trauma atau merasa ditolak.

1. Mengoleskan puting susu dengan obat merah, jamu-jamuan, atau dengan memberi plester bukanlah cara yang tepat. Hal ini akan membuat anak merasa trauma dan ditolak oleh Sang Ibu. Dalam jangka panjang, akan berdampak buruk bagi psikologis anak. Menyapihlah dengan cinta, bukan dengan meninggalkan trauma.
2. Kecuali mendesak, hindari menitipkan anak dengan tiba-tiba pada saudara atau kerabat dekat selama berhari-hari. Kebanyakan anak memiliki proses adaptasi yang tidak cepat. Anak-anak membutuhkan waktu untuk dapat merasa nyaman dengan lingkungan baru. Proses penyapihan dengan cara menitipkan ke tempat lain membuat anak merasa tertekan karena ia harus beradaptasi dengan dua kondisi sekaligus, yaitu kehilangan ASI dan berada di tempat baru.
3. Jangan menawarkan ASI sebagai senjata untuk menenangkan anak ketika menangis, marah, atau terjatuh. Carilah cara pengalihan yang lebih positif lainnya, seperti mengajak melihat binatang atau dengan bernyanyi.
4. Hindari pemaksaan. Jika proses menyapih telah lama dilakukan, namun belum juga berhasil, Ibu perlu mencari tahu penyebabnya. Kemungkinan anak belum siap atau berada dalam kondisi psikologis yang tidak baik, seperti sedih atau tertekan. (OCH/ Dok. Free Digitalphotos)

YUK, PAHAMI GERAKAN BAHASA SI KECIL
Dear Ayah Bunda,
Untuk mengerti bahasa tubuh bayi, Anda harus lebih banyak meluangkan waktu untuk dekat dengannya. Semakin intim Anda dengan si kecil, maka semakin banyak hal yang bisa Anda pahami darinya. Selain menciptakan kedekatan dengan buah hati,
Anda bisa mempelajari bahasa tubuhnya.
1. Beberapa contoh bahasa bayi:
2. Telapak tangan menggenggam erat : “Aku agak kedinginan nih.”
3. Telapak tangan membuka : “Aku merasakan udara hangat.”
4. Menggerakkan bibir atau mengisap jarinya : “Aku lapar atau aku haus.”
5. Memainkan lidah sambil menggerakkan tangan dan kaki : “Aku sedang senang.”
6. Mengangkat kedua tangan : “Aku ingin digendong atau ajak aku main dong.”
7. Menangis dengan keras dan nyaring : “Aku kesakitan.”
8. Menangis dengan nada seperti mengeluh : “Aku lelah.”
9. Alis terangkat dengan mata membelalak : “Aku tidak suka atau aku takut.”
10. Mengerutkan hidung dan bibir ditarik ke atas : “Aku tidak mau makanan itu.”
11. Alis terangkat sedikit, sudut bibir menurun, mulut terbuka dan dagu kelihatan tegang : “Aku sedih.”
Semoga bermanfaat.smile emoticon
Sumber: motherandbaby.co.id
TEKNIK DASAR MEMIJAT BAYI
Dear Ayah Bunda,
Pijatan bermanfaat untuk meredakan merelaksasi pikiran dan otot yang kaku. Tidak hanya orang dewasa, bayi juga perlu pijatan untuk membuat tubuhnya rileks.
Pijatan untuk bayi dapat melancarkan peredaran darah, saluran pernapasan, dan kualitas tidur yang baik. Berikut teknik pijat sederhana dilansir babycentre.co.ukyang dapat Anda coba.
1. Kaki
Gunakan minyak telon untuk memijat Si Kecil. Pertama. baluri minyak telon dari paha Si Kecil, tarik perlahan hingga ke ujung kaki, seperti gerakan memerah susu, pijat dengan lembut. Untuk pergelangan kaki, putar dengan lembut dan perlahan bagian pergelangan kaki sampai jari kaki. Ulangi beberapa kali dan putar kaki ke segala arah. Di bagian telapak kaki, pijat lembut seluruh bagian bawah kedua kaki Si Kecil dengan ibu jari Anda.
2. Lengan
Sama halnya dengan teknik memijat kaki, pijat perlahan dengan gerakan memerah susu dengan dari ketiak sampai ke pergelangan tangan. Kemudian, lakukan gerakan memutar pergelangan tangannya dengan lembut beberapa kali ke segala arah. Untuk telapak tangannya, pijat seluruh bagian telapak tangan Si Kecil dengan ibu jari Anda, seperti gerakan pijat pada telapak kaki. Anda juga bisa memijat jarinya dengan menarik jari Si Kecil satu-persatu dengan perlahan, lalu genggam jari-jari kecilnya dan lakukan pemijatan dari pangkal ke ujung jari dengan lembut.
3. Dada dan Perut
Tempatkan kedua tangan Anda di dadanya. Kemudian, usap lembut dadanya perlahan dengan kedua telapak tangan Anda. Ulangi beberapa kali. Selanjutnya, tempatkan satu tangan Anda di bagian atas perutnya, usap dengan lembut hingga ke arah pangkal pahanya. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.
4. Bagian punggung
Balikan bayi Anda dalam posisi tengkurap, gunakan ujung jari Anda untuk memijat lembut di kedua sisi tulang belakang dari leher sampai ke pantat. Kemudian, pijat lembut dari bahu bagian belakang sampai ke kakinya.
Usai memijat, kenakan popok yang nyaman, dan berikan ASI untuk membuatnya tertidur pulas. Hindari memijat bayi saat sebelum dan setelah makan, atau ketika ia sedang ingin tidur siang.
Semoga bermanfaat.smile emoticon
Sumber: motherandbaby.co.id
[adv]: **** VITABUMIN NUTRISI TUMBUH KEMBANG ANAK, PENAMBAH NAFSU MAKAN DAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK, REKOMENDASI DOKTER ANAK DAN HERBALIS****
menurutku ini keren banget, sekali hamil langsung dapet 3 jagoan, 1 princess, keren keren, tapi dia ikut ivf di siloam, bukan di sarjito klinik.fertilitasnya, ato bukan di rumah sakit di magelang itu, gandol ato apalah itu, hmmmm

No comments:

Post a Comment